4 Tips Beli Sepatu Gunung, Saksama Pilih Ukuran hingga Pertimbangkan Beratnya

4 Tips Beli Sepatu Gunung, Saksama Pilih Ukuran hingga Pertimbangkan Beratnya

4 Tips Beli Sepatu Gunung, Saksama Pilih Ukuran hingga Pertimbangkan Beratnya

SEBELUM memulai mendaki gunung sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya secara detail. Salah satunya ialah sepatu. Dibutuhkan sepatu khusus dengan tangguh dalam menjelajah medan pegunungan.

Kemudian dalam memakai sepatu gunung juga harus yang aman dan nyaman. Tujuannya agar perjalanan mendaki gunung tetap aman serta menyenangkan hingga pulang kembali.

Lalu sebelum membeli sepatu buat mendaki gunung perlu memerhatikan kaum hal penting. Berikut ini dalam antaranya, sebagaimana dikutip dari Active .

1. Pilih ukuran secara cermat

Tak hanya soal medan pendakian mana yang hendak dilalui, sebelum membeli sepatu pasti mempertimbangkan ukurannya. Tanpa sampai membeli sepatu gunung yang terlalu besar atau terlalu mungil. Maka itu, belanja sepatu bukit lewat situs daring sangat tidak direkomendasikan untuk mereka yang pertama pertama kali membeli sepatu bukit.

Dengan bantalan kuda gunung rata-rata lebih tebal ketimbang sepatu kets, ukurannya harus benar-benar pas, tidak longgar dan tidak kesempitan. Salah pilih ukuran nantinya bisa membuat cedera.

2. Coba sebelum membeli

Sebelum membeli sepatu gunung perlu mencobanya dulu berjalan di dalam toko atau daerah terdekat. Kalau sudah cocok mengambil, jangan langsung dipakai mendaki. Sepatutnya beradaptasi dulu dengan sepatu anyar itu. Kalau sudah klop serta benar-benar nyaman, baru gunakan buat mendaki gunung.

3. Tahu medan dan jenis sepatu

Beda medan pendakian, beda jenis sepatu. Melewati medan pendakian yang berbeda-beda enggak mampu hanya dengan satu jenis ladam. Kalau salah memilih bisa menghasilkan kakimu tidak nyaman dan invalid optimal saat melakukan pendakian.

Saat melewati jalur-jalur gunung yang tidak terlalu jauh, trail running shoes dan hiking shoes bisa menjadi pilihan. Sepatu macam ini bisa memanjakan kakimu zaman melalui tanjakan-tanjakan ringan. Bentuk trail running shoes cukup sederhana, cocok seperti sepatu lari pada umumnya. Bedanya, sol sepatu ini lebih kuat.

Sementara tersebut ada juga hiking shoes biasanya terbuat dari bahan suede dengan bantalan kaki yang sedikit lebih kukuh ketimbang trail shoes. Nah, kalau senang mendaki di medan yang lebih berat, bisa menetapkan mountaineering boots.

Ladam jenis ini cocok untuk pendakian di jalur berbatu ataupun berpasir. Sayang, model dan sol mountaineering boots ini keras, sehingga melaksanakan kaki kurang nyaman. Begitu juga dengan bantalan sepatunya tingginya dalam atas mata kaki.