66 Tahun Lalu, Kisah Nyata Wanita Terkena Meteorit di Alabama

66 Tahun Lalu, Kisah Nyata Wanita Terkena Meteorit di Alabama

66 Tahun Lalu, Kisah Nyata Wanita Terkena Meteorit di Alabama

JAKARTA –  Fenomena jatuhnya meteor ke permukaan Bumi mungkin jarang diketahui orang. Kenyataannya batuan asing angkasa itu menghantam Bumi pada setiap hari.

Dilansir Cosmos Magazine, setidaknya terdapat 17 meteor jatuh setiap harinya, menjadi meteorit dan mendarat di tanah. Sebab jumlah itu, hingga kini ada satu kisah yang sangat beken, yakni kisah jatuhnya meteorit yang tidak mematikan.

Dilansir Insider, pada 30 November 1954, sebuah meteor berhasil menghantam Bumi dan mendarat sebagai meteorit di wilayah Sylacauga, Alabama. Berbeda dengan peristiwa Siberia Tunguska pada 1908, salah satu pecahan meteorit tersebut jatuh mengenai seorang wanita bertanda Ann Hodges.

Mendarat dan Menabrak

Kejadian itu berlaku ketika Ann Hodges – seorang wanita Alabama berusia 34 tarikh – sedang tidur siang di sofa rumahnya. Bersumber dari Slate Magazine (30/11/14), meteorit seberat 8, 5 pon itu jatuh pas pada pukul 14: 46, menerobos atap rumah dan terpental sesudah menabrak sebuah radio sebelum akhirnya mendarat tepat di pinggul kiri Ann.

Kisah Ann menjadi sesuatu yang garib. Pasalnya sering kali meteorit lepas di permukaan yang luas seolah-olah ladang atau laut. Sebut saja contohnya peristiwa Siberia Tunguska pada 1908 yang menghabiskan lebih dibanding 80 juta pohon dalam besar detik, dikutip Live Science.

Baca juga:   Ini Tanda-Tanda Kiamat dalam Penjelasan Alquran dan Sains

“Pikirkan berapa banyak orang dengan telah hidup sepanjang sejarah manusia. Anda memiliki peluang lebih mulia untuk terkena tornado dan tangkapan petir dan badai pada era yang bersamaan, ” ucap Michael Reynolds, seorang astronom sekaligus setia buku Falling Stars: A Guide to Meteors & Meteorites, dikutip National Geographic.

Sebenarnya meteorit itu memang anjlok ke ladang beberapa mil jauhnya dari rumah Ann – makin ditemukan pecahan lain oleh seorang petani bernama Julius Kempis McKinney – namun anehnya ia pula jatuh menimpa rumah. Ini tak membuat Ann dalam bahaya, akan tetapi setidaknya berhasil memberikan memar sebesar jeruk bali.

Loading…