Adanya Gunung Api Bawah Laut Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

Adanya Gunung Api Bawah Laut Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

Adanya Gunung Api Bawah Laut Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

SEJUMLAH ilmuwan pada masa lampau menemui bahwa pegunungan vulkanik ada pada seluruh lautan sepanjang ribuan kilometer. Mereka menyebutnya ini sebagai pegunungan bawah laut. Namun ternyata situasi ini sudah lama diungkapkan pada kitab suci Alquran. Kemudian serupa dijelaskan menurut ilmu sains.

Dalam buku ‘Miracles of Al-Qur’an and As-Sunnah’ dijelaskan bahwa gunung-gunung tersebut terbentuk sebagai akibat dari letusan-letusan dahsyat gunung berapi. Terdapat jaringan raksasa pergeseran geologi yang meretakkan kerak berbatu Bumi dan mengitari celah kelanjutan retakan tersebut. Pergeseran ini terutama berpusat di dasar laut.

Baca juga: Alquran serta Sains Ungkap Gunung Berperan di Proses Terjadinya Hujan 

Jaringan pergeseran geologi itu membentang hingga lebih dari 64 ribu kilometer dan kedalamannya mencapai sekira 65 kilometer menembus lapisan berbatu. Jaringan pergeseran itu mencapai lapisan lunak yang dikenal sebagai zona lunak (astenosfer).

Di dalam astenosfer, bebatuannya pada keadaan sebagian leleh dengan tingkat kepadatan dan kelekatan relatif agung. Arus panas menggiring berton-ton bebatuan yang meleleh itu ke dasar samudera. Kemudian batuan tersebut juga menuju dasar beberapa lautan seolah-olah Laut Merah dengan temperatur mencapai lebih dari 1. 000 derajat Celsius.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Gunung Tidak Diam, Bergerak seperti Awan 

Batuan ini yang diperkirakan berjumlah jutaan ton, kemudian mendorong air bahar ke kanan dan kiri. Tanda tersebut dikenal oleh para ilmuwan sebagai perluasan dan pembentukan balik dasar laut dan samudera.

Daerah yang dihasilkan sejak proses perluasan itu dipenuhi secara magma, sehingga mengakibatkan munculnya suluh di dasar samudera dan kaum kawasan dasar laut.