Dasar Vaksinasi Massal, Ini Kendala dengan Dihadapi Kemenkes

Dasar Vaksinasi Massal, Ini Kendala dengan Dihadapi Kemenkes

Dasar Vaksinasi Massal, Ini Kendala dengan Dihadapi Kemenkes

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

RENCANA pemerintah buat menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) dilakukan dengan cara vaksinasi massal terhadap masyarakat. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebelumnya telah membicarakan ada sekira enam vaksin covid-19 yang bakal digunakan di Nusantara. masing-masing adalah dari PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc and BioNTech, serta Sinovac Biotech Ltd.

Hal itu tertuang dalam Kesimpulan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01. 07/ Menkes/ 9860/ 2020 mengenai Penetapan Jenis Vaksin untuk Pengoperasian Vaksinasi Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19) yang ditandatangi oleh Menkes Terawan pada 3 Desember 2020.

Baca juga: Selain Vaksin Covid-19, Pemerintah Siapkan Tenaga Kesehatan dan Vaksinator 

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi MPH mengatakan meski vaksin covid-19 sudah tersedia sesuai yang ditargetkan pemerintah, pasti ada kendala asing yang bakal dihadapi. Pemerintah kudu bekerja keras agar program vaksinasi massal ini berjalan dengan menyeluruh.

“Yang pasti Indonesia besar sekali sisi keterjangkauan. Sedang ada daerah-daerah yang disebut kawasan terpencil, perbatasan, dan kepulauan. Lengah satu kendala geografis ini yang menjadi persoalan, ” terang Oscar dalam unggahan video di akun Instagram Kemenkes @kemenkes_ri, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis, Penyintas Tentu Perlu Disuntik?  

Ia mengatakan bahwa para tenaga kesehatan (nakes) serta vaksinator kadang harus mempunyai usaha (effort) yang istimewa untuk menempuh daerah-daerah sulit dan terpencil yang ada di seluruh Indonesia.

“Kemudian tata kelola rantai dinginnya (cold chain) yang mana mampu kita pahami sendiri kan. Jika berkenaan dengan vaksin ini harus ada perlakuan khusus di di dalam mendistribusikannya, ” tuntasnya.

(han)