Kemajuan Komputer dari Masa ke Periode

Kemajuan Komputer dari Masa ke Periode

Kemajuan Komputer dari Masa ke Periode

JAKARTA – Awalnya, komputer digunakan untuk menghitung kumpulan angka dengan rumit. Namun seiring perkembangan periode, komputer digunakan untuk kepentingan per atau mengirim email.

Kini, komputer telah bergeser menjadi teknologi komputasi pada pengaruh tangan dalam bentuk smartphone. Berikut adalah sejarah singkat perkembangan komputer dari masa ke masa dilansir Webopedia.

Baca juga: Rawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak, Perhatikan 7 Hal Ini

Generasi Pertama (1940-1956)

Selama periode ini, generasi pertama dari komputer berangkat dikembangkan. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan sejarah. Tabung vakum digunakan untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan partikel di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan berbiaya sangat mahal. UNIVAC dan ENIAC adalah contoh komputer generasi pertama yang digunakan awak sensus Amerika Serikat.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Cara Bikin Keyboard dari Kertas

Generasi Kedua (1964-1971)

Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di simpulan 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan wujud minimalis dari transistor, komputer menjelma lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, gaya pemograman mulai diperkenalkan, seperti misalnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik. IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari tingkatan kedua komputer.

Generasi Ketiga (1964-1971)

Pengembangan sirkuit terpadu merupakan ciri khas dari generasi ke-3 komputer. Bentuk transistor semakin diperkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan semikonduktor. Teknologi ini semakin mempercepat kinerja komputer. Semasa periode ini, mouse dan keyboard mulai diperkenalkan, generasi ketiga pula sudah dilengkapi dengan sistem proses PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 ialah contoh dari komputer generasi ke-3