Minum Obat Disertai Suplemen Herbal, Amankah?

Minum Obat Disertai Suplemen Herbal, Amankah?

Minum Obat Disertai Suplemen Herbal, Amankah?

Selama pandemi virus corona Covid-19, imunitas tubuh menjadi salah satu kejadian yang paling penting untuk melawan serangan penyakit. Alhasil mengonsumsi suplemen menjadi cara terbaik yang mampu dilakukan. Saat ini terdapat bervariasi macam suplemen yang bisa dikonsumsi, salah satunya yang berbahan pokok alami (herbal).

Namun banyak masyarakat yang takut di dalam mengonsumsi suplemen. Terlebih bagi mereka yang sudah memiliki riwayat keburukan penyerta (komorbid) seperti diabetes, pembawaan tinggi, ginjal, jantung, dan stroke dan telah mengonsumsi banyak obat kimia sesuai dengan resep sinse.

Menjawab hal itu Nutritionist and Disease Prevention, Emilia Achmadi menjelaskan bahwa suplemen herbal cenderung aman untuk dikonsumsi. Sebab kandungan yang ada dalam suplemen bersifat alami tanpa campuran pelajaran kimia lainnya.

“Herbal bisa dimanfaatkan sebagai obat tapi bisa pula dijadikan food suplemen. Karena jumlah bahan aktifnya bisa dijaga, siap produk ini dapat dikonsumsi secara teratur sesuai dengan aturan memakai dengan aman, ” terang Emilia, dalam Press Launch Immusupport, Rabu 21 Oktober 2020.

Baca Juga: Intip Gaya Luna Maya dan Farah Quinn Berperan Golf Bareng

Bertambah lanjut Emilia mengatakan jika seseorang masih bisa mengonsumsi makanan dengan bebas, maka herbal cenderung tenang dikonsumsi. Namun jika seorang penderita mengalami penyakit kronis seperti ginjal, maka harus dicek terlebih dahulu kondisi kesehatan ginjalnya.

“Kalau ginjal spektrumnya luas, oleh karena itu harus sesuai dengan rekomendasi sinse. Kalau ginjal sudah hemodialisa (Cuci darah), ada baiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menetapkan, ” tuntasnya.

(hel. -)