Peneliti Klaim Temukan ‘Obat’ Menetralkan Virus Corona

Peneliti Klaim Temukan 'Obat' Menetralkan Virus Corona

Peneliti Klaim Temukan ‘Obat’ Menetralkan Virus Corona

Para ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh mengklaim telah menjumpai ‘molekul biologis terkecil’ yang sepenuhnya diklaim mampu menetralkan virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

Komponen antibodi tersebut 10 kali lebih kecil dari antibodi ukuran normalnya. Antibodi itu pun ternyata sudah digunakan untuk membuat obat Ab8, obat yang dipandang jadi pencegahan potensial terhadap Covid-19.

Menurut laporan tersebut, obat Ab8 tersebut dinilai sangat efektif mencegah dan mengobati infeksi Covid-19 pada zirnikh dan hamster selama pengujian. Obat tersebut pun dilaporkan tidak menerap sel manusia yang menunjukkan bahwa obat tersebut tidak akan memiliki efek samping negatif pada pribadi.

“Obat Ab8 tidak hanya berpotensi sebagai terapi Covid-19, tetapi juga dapat digunakan untuk mencegah Covid-19, ” prawacana John Mellors, kepala divisi penyakit penular di Pitt dan UPMC.

Diterangkan peneliti, antibodi yang ada dalam Ab8 telah bekerja melawan keburukan menular lainnya dan telah ditoleransi dengan baik, memberi para pengkaji harapan bahwa ini bisa menjelma pengobatan yang efektif untuk anak obat Covid-19 maupun orang yang tidak terpapar virus corona sebagai bentuk pencegahan.

Para-para peneliti pun yakin bahwa obat tersebut bisa diberikan kepada penderita bukan sekadar lewat infus, namun dapat dihirup atau melalui suntikan superfisial.

Menurut laporan tersebut, peneliti dari University of Texas Medical Branch Center for Biodefense and Emerging Disease dan Galveston National Laboratory menilai Ab8 dan menemukan bahwa obat tersebut berhasil memblokir virus supaya tidak memasuki sel.

“Dalam uji coba tikus, subjek yang disuntikkan dengan Ab8 memiliki jumlah virus menular 10 kali lebih sedikit dibandingkan dengan tikus yang tidak disuntikkan obat sama sekali, ” tulis laporan tersebut.

 

Baca juga: Jalan Bikin Tempe Bacem, Cocok buat Makan Siang

(ahl)