Vaksin Merah Putih Paling Cepat Dibuat Desember 2021

Vaksin Merah Putih Paling Cepat Dibuat Desember 2021

Vaksin Merah Putih Paling Cepat Dibuat Desember 2021

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan segera dimulai paling payah pada awal 2021. Ketersediaan vaksin merah putih tersebut telah terekam di dalam Organisasi Kesehatan Negeri (WHO).

Ketua Liga dan Inovasi Penanganan COVID-19 Kemenristek, Prof dr Ali Ghufron mengutarakan, perkembangan vaksin merah putih yakni untuk menangkal Covid-19 masih pada uji coba.

“Vaksin ini prosesnya tidak mudah, panjang. Oleh sebab itu tahapan-tahapan itu harus dilalui, dan dilihat keamanannya, serta kemampuan juga perlu diperhatikan, ” ujarnya dalam webinar online bertajuk Vaksin dan Pembangunan Kesehatan Indonesia, Rabu (18/11/2020).

Ia mengatakan, selain tes coba juga ada beberapa tahapan lainnya. Seperti adanya izin sebab Badan Pengelolaan Obat dan Sasaran (BPOM) agar bisa diproduksi. “Diharapkan vaksin merah putih dapat dibuat akhir Desember 2021, ” katanya.

Baca Juga: Ada Vaksin Covid-19 Gratis dan Berbayar, Jokowi: Saya Siap Disuntik Duluan

Sementara itu perwakilan dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Prof Herawati menuturkan, cara lamanya vaksin Covid-19 bertujuan buat digunakan jangka panjang untuk masyarakat Indonesia.

“Kalau taat saya vaksin Merah Putih ialah vaksin jangka panjang, ” terangnya.

(hel)