Wujud Asli Bumi Terungkap Melalui Penjelasan Alquran dan Sains

Wujud Asli Bumi Terungkap Melalui Penjelasan Alquran dan Sains

Wujud Asli Bumi Terungkap Melalui Penjelasan Alquran dan Sains

HINGGA kini masih saja ada orang dengan memperdebatkan bentuk Planet Bumi. Real sudah jauh sebelumnya kitab bersih Alquran menjelaskannya. Bentuk Bumi dengan sebenarnya telah disebutkan dalam Al – quran Surah Az-Zumar Ayat 5.

“Dia menciptakan langit dan Bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam untuk siang dan menutupkan siang arah malam dan menundukkan matahari & bulan, masing-masing berjalan menurut masa yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. ” (QS Az-Zumar: 5)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Proses Matahari Timbulkan Siang-Malam 

Berdasarkan penjelasan ijma Ibnu Taimiyyah, telah terjadi kesepakatan dari para ulama menafsirkan ayat tersebut bahwa Bumi berbentuk bulat.

“Tidak ada perselisihan di antara para ulama bahwa langit itu kaya bola. Demikian pula mereka sudah bersepakat bahwa Bumi ini secara seluruh pergerakannya baik itu tanah maupun lautan seperti bola, ” menurut ijma ulama Ibnu Taimiyyah.

Baca pula: Sains dan Alquran Ungkap Proses Tumbuh Biji-bijian hingga Gizinya 

Ijma merupakan sepadan metode yang dipakai oleh para-para ulama untuk mencapai kesepakatan berdasarkan kitab suci Alquran dan perkataan dalam menetapkan suatu hukum ataupun perkara yang terjadi.

Ilmuwan muslim, Al Biruni, menetapkan bahwa Bumi itu berbentuk penuh. Disebutkan bahwa ia telah mendaftarkan risalah tentang planisphere dan armillary sphere (bola dunia).